Psikologi
adalah studi ilmiah tentang prilaku dan proses mental. Psikologi pendidikan
adalah cabang ilmu psikologi yang mengkhususkan diri pada cara memahami
pengajaran dan pembelajaran dalam lingkungan pendidikan. Psikologi pendidikan
adalah bidang yang sangat luas sehingga dibutuhkan satu buah bukti tersendiri
untuk menjelaskan.
LATAR
BELAKANG HISTORIS
Bidang
psikologi pendidikan didirikan oleh beberapa perintis bidang psikologi sebelum
awal abad ke-20. Ada 3 perintis terkemuka yang muncul di awal sejarah
psikologi. Tokoh pertama adalah William James tak lama setelah meluncurkan buku
ajar psikologinya yang pertama, Principles of Psychology (1890), William
James (1842-1910) memberikan serangkaian
kuliah yang bertajuk “Talks to Teachers” (James,1899/1993). Tokoh kedua adalah
John Dawey yang berperan besar dalam
membentuk psikologi pendidikan (1859-1952). Dia menjadi motor penggerak untuk
mengaplikasikan psikologi di tingkat praktis. Perintis ketiga adalah E. L.
Thorndike, yang memberi banyak perhatian pada penilaian dan pengukuran dan
perbaikan dasar-dasar belajar secara ilmiah. Thorndike berpendapat bahwa salah
satu tugas pendidikan di sekolah yang paling penting adalah menanamkan keahlian
penalaran anak.
CARA MENGAJAR YANG EFEKTIF
Karena
mengajar adalah hal yang kompleks dank arena murid-murid itu bervariasi, maka
tidak ada cara tunggal untuk mengajar yang efektif untuk semua hal (Diaz,1997).
Guru harus menguasai beragam perspektif dan strategi, dan harus bisa
mengaplikasikannya secara fleksibel. Hal ini membutuhkan dua hal utama ; (1)
pengetahuan dan keahlian professional, dan (2) komitmen dan motivasi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar