Rabu, 05 Maret 2014

BAB 1 "SELAYANG PANDANG PENDIDIKAN"



Psikologi adalah studi ilmiah tentang prilaku dan proses mental. Psikologi pendidikan adalah cabang ilmu psikologi yang mengkhususkan diri pada cara memahami pengajaran dan pembelajaran dalam lingkungan pendidikan. Psikologi pendidikan adalah bidang yang sangat luas sehingga dibutuhkan satu buah bukti tersendiri untuk menjelaskan.
LATAR BELAKANG HISTORIS
Bidang psikologi pendidikan didirikan oleh beberapa perintis bidang psikologi sebelum awal abad ke-20. Ada 3 perintis terkemuka yang muncul di awal sejarah psikologi. Tokoh pertama adalah William James tak lama setelah meluncurkan buku ajar psikologinya yang pertama, Principles of Psychology (1890), William James  (1842-1910) memberikan serangkaian kuliah yang bertajuk “Talks to Teachers” (James,1899/1993). Tokoh kedua adalah John Dawey yang  berperan besar dalam membentuk psikologi pendidikan (1859-1952). Dia menjadi motor penggerak untuk mengaplikasikan psikologi di tingkat praktis. Perintis ketiga adalah E. L. Thorndike, yang memberi banyak perhatian pada penilaian dan pengukuran dan perbaikan dasar-dasar belajar secara ilmiah. Thorndike berpendapat bahwa salah satu tugas pendidikan di sekolah yang paling penting adalah menanamkan keahlian penalaran anak.

CARA MENGAJAR YANG EFEKTIF
Karena mengajar adalah hal yang kompleks dank arena murid-murid itu bervariasi, maka tidak ada cara tunggal untuk mengajar yang efektif untuk semua hal (Diaz,1997). Guru harus menguasai beragam perspektif dan strategi, dan harus bisa mengaplikasikannya secara fleksibel. Hal ini membutuhkan dua hal utama ; (1) pengetahuan dan keahlian professional, dan (2) komitmen dan motivasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar