Proses belajar mengajar orang
belajar ini berisi beberapa bagian penting seperti tahap proses belajar,
faktor-faktor yang mepengaruhi belajar, ciri-ciri belajar orang dewasa, suasana
belajar, fungsi dan sikap pendidik, faktor-faktor yang mempengaruhi sikap dan
peran pendidik. Proses belajar mengajar ini ditinjau dari dua sudut, yaitu dari
sudut orang yang belajar ( peserta didik) dan orang yang memberi pengajaran
(pendidik atau pembimbing). Peserta didik belajar melalui suatu proses belajar
yang berlangsung secara bertahap dimulai dari timbulnya motivasi, dilanjutkan
perhatian pada pelajaran, menerima dan mengingat, reproduksi, generalisasi, dan
diakhiri dengan melaksanakan tugas belajar dan memberikan umpan balik atas
hasil belajar. proses belajar ini dipengaruhi oleh faktor internal dan
eksternal. Faktor internal dapat dikelompokkan menjadi dua faktor, yakni faktor
fisik dan nonfisik. Faktor internal fisik mencakup cirri-ciri pribadi seperti
umur, pendengaran, dan penglihatan. Faktor-faktor eksternal fisik berupa
lingkungan seperti sara dan prasarana belajar seperti keadaan ruangan,
perlengkapan belajar, dan lain-lain. Faktor eksternal nonfisik mencakup,
dorongan dari keluarga dan teman.
Adapun cirri-ciri belajar orang
dewasa yang perlu diperhatikan antara lain :
1. Motivasi
belajar berasal dari dirinya sendiri
2. Orang
dewasa belajar jika bermanfaat bagi dirinya
3. Orang
dewasa akan belajar jika pendapatnya dihormati,
4. Perlu
adanya saling percaya antara pembimbing dan peserta didik,
5. Mengharapkan
suasana belajar yang menyenangkan dan menantang
6. Orang
dewasa belajar ingin mengetahui kelebihan dan kekurangannya
7. Orientasi
belajar orang dewasa terpusat pada kehidupan nyata
8. Sumber
(bahan belajar bagi orang dewasa berada pada diri orang itu sendiri)
9. Mengutamakan
perannya sebagai peserta didik
10. Belajar
adalah proses emosional dan intelektual sekaligus
11. Belajar
bagi orang dewasa adalah hasil mengalami sesuatu
12. Belajar
adalah hasil kerja sama antara manusia
13. Mungkin
terjadi komunikasi timbale balik dan pertukaran pendapat
14. Belajar
bagi orang dewasa bersifat unik, dan
15. Orang
dewasa umumnya mempunyai pendapat, kecerdasan, dan cara belajar yang
berbeda-beda
Fungsi
pendidik dalam pendidikan orang dewasa dapat beragam tergantung kegiatan dan
metode yang digunakannya. Fungsi pendidik antara lain;
1. Penyebar
pengetahuan
2. Pelatih
keterampilan
3. Perancang
pengalamann belajar
4. Pelancar
proses belajar
5. Sumber
belajar
6. Pemimpin
kegiatan belajar
7. Penjelas
tujuan belajar
8. Tutor
stimulasi, dan
9. Fasilitator
KEJAR
Sikap
pendidik dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor :
1.
Tujuan dan rancangan pendidikan
2.
Lama pendidikan
3.
Komposisi peserta didik
4.
Harapan peserta didik
5.
Harapan penyelengara
6.
Profesi pendidik, dan
7.
Keadaan pendidik
Tidak ada komentar:
Posting Komentar