Jumat, 14 Maret 2014

PROSES BELAJAR MENGAJAR ORANG DEWASA



            Proses belajar mengajar orang belajar ini berisi beberapa bagian penting seperti tahap proses belajar, faktor-faktor yang mepengaruhi belajar, ciri-ciri belajar orang dewasa, suasana belajar, fungsi dan sikap pendidik, faktor-faktor yang mempengaruhi sikap dan peran pendidik. Proses belajar mengajar ini ditinjau dari dua sudut, yaitu dari sudut orang yang belajar ( peserta didik) dan orang yang memberi pengajaran (pendidik atau pembimbing). Peserta didik belajar melalui suatu proses belajar yang berlangsung secara bertahap dimulai dari timbulnya motivasi, dilanjutkan perhatian pada pelajaran, menerima dan mengingat, reproduksi, generalisasi, dan diakhiri dengan melaksanakan tugas belajar dan memberikan umpan balik atas hasil belajar. proses belajar ini dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Faktor internal dapat dikelompokkan menjadi dua faktor, yakni faktor fisik dan nonfisik. Faktor internal fisik mencakup cirri-ciri pribadi seperti umur, pendengaran, dan penglihatan. Faktor-faktor eksternal fisik berupa lingkungan seperti sara dan prasarana belajar seperti keadaan ruangan, perlengkapan belajar, dan lain-lain. Faktor eksternal nonfisik mencakup, dorongan dari keluarga dan teman.
            Adapun cirri-ciri belajar orang dewasa yang perlu diperhatikan antara lain :
1.      Motivasi belajar berasal dari dirinya sendiri
2.      Orang dewasa belajar jika bermanfaat bagi dirinya
3.      Orang dewasa akan belajar jika pendapatnya dihormati,
4.      Perlu adanya saling percaya antara pembimbing dan peserta didik,
5.      Mengharapkan suasana belajar yang menyenangkan dan menantang
6.      Orang dewasa belajar ingin mengetahui kelebihan dan kekurangannya
7.      Orientasi belajar orang dewasa terpusat pada kehidupan nyata
8.      Sumber (bahan belajar bagi orang dewasa berada pada diri orang itu sendiri)
9.      Mengutamakan perannya sebagai peserta didik
10.  Belajar adalah proses emosional dan intelektual sekaligus
11.  Belajar bagi orang dewasa adalah hasil mengalami sesuatu
12.  Belajar adalah hasil kerja sama antara manusia
13.  Mungkin terjadi komunikasi timbale balik dan pertukaran pendapat
14.  Belajar bagi orang dewasa bersifat unik, dan
15.  Orang dewasa umumnya mempunyai pendapat, kecerdasan, dan cara belajar yang berbeda-beda
Fungsi pendidik dalam pendidikan orang dewasa dapat beragam tergantung kegiatan dan metode yang digunakannya. Fungsi pendidik antara lain;
1.      Penyebar pengetahuan
2.      Pelatih keterampilan
3.      Perancang pengalamann belajar
4.      Pelancar proses belajar
5.      Sumber belajar
6.      Pemimpin kegiatan belajar
7.      Penjelas tujuan belajar
8.      Tutor stimulasi, dan
9.      Fasilitator KEJAR
Sikap pendidik dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor :
1.      Tujuan dan rancangan pendidikan
2.      Lama pendidikan
3.      Komposisi peserta didik
4.      Harapan peserta didik
5.      Harapan penyelengara
6.      Profesi pendidik, dan
7.      Keadaan pendidik



Tidak ada komentar:

Posting Komentar