Pendidikan sebagai suatu kegiatan yang didalamnya melibatkan
banyak orang, diantaranya peserta didik, pendidik administror, masyarakat dan
orang tua peserta didik. Oleh karena itu agar tujuan pendidikan dapat tercapai
secara efektif dan efisien maka setiap orang yang terlibat dalam pendidikan tersebut
seyogyanya dapat memahami tentang perilaku individu sekaligus menunjukkan
perilaku secara efektif. Perilaku individu dipelajari dalam suatu ilmu yang disebut sebagai
psikologi.
Psikologi
berasal dari kata Yunani “psyche”
yang artinya jiwa, dan “logos” yang
artinya ilmu pengetahuan. Jadi secara etimologi (menurut arti kata) psikologi
artinya Ilmu yang mempelajari tentang jiwa, baik mengenai macam-macam
gejalanya, prosesnya maupun latar belakangnya.
Psikologi memberikan wawasan bagaimana memahami perilaku
individu dalam proses pendidikan. Terutama dizaman kemajuan ilmu pengetahuan
dan teknologi sekarang ini. Para ahli berusaha untuk meningkatkan mengajar itu
menjadi suatu ilmu. Teknologi pendidikan memberikan pendekatan sistematis dan
kritis tentang proses pembelajaran.
Perlu
kita ketahui, bahwa psikologi pendidikan adalah cabang ilmu psikologi yang
mengkhususkan diri pada cara memahami pengajaran dan pembelajaran dalam
lingkungan pendidikan. karena mengajar adalah cara yang kompleks,maka guru
harus menguasai beragam perspektif dan strategi,dan harus bisa
mengaplikasikannya secara fleksibel, salah satunya dengan menggunakan teknologi
pembelajaran.
Teknologi pembelajaran merupakan suatu bidang kajian khusus
ilmu pendidikan dengan objek formal “belajar” pada manusia secara individu
maupun kelompok. Hal ini karena belajar tidak hanya berlangsung dalam
lingkup sekolah, melainkan juga pada organisasi misalnya keluarga, masyarakat,
dunia usaha, bahkan pemerintahan. Belajar dapat di mana saja, kapan saja
dan siapa saja, mengenai apa saja, dengan cara dan sumber apa saja yang
sesuai dengan kondisi dan kebutuhan.
Istilah teknologi pembelajaran mencakup banyaknya lingkungan
pemanfaatan yang mengambarkan fungsi teknologi dalam pendidikan secara lebih
tepat; dapat merujuk baik pada belajar maupun pembelajaran; dan pemecahan
masalah belajar/fasilitas pembelajaran, teknologi pembelajaran merupakan suatu
bidang inovasi dalam bidang pendidikan.
Dalam pengembangan
teknologi pendidikan yang senantiasa berhubungan dengan program pendidikan
untuk kepentingan peserta didik, maka landasan psikologi mutlak harus dijadikan
dasar dalam proses pengembangan teknologi pendidikan. Perkembangan yang dialami
oleh peserta didik pada umumnya diperoleh melalui proses belajar. Guru sebagai
pendidik harus mengupayakan cara / metode yang lebih baik untuk melaksanakan
proses pembelajaran guna mendapatkan hasil yang optimal, dalam hal ini proses pembelajaran
mutlak diperlukan pemikiran yang mendalam dengan memperhatikan psikologi
belajar
Hubungan psikologi dengan
teknologi pendidikan gimanasih ? dalam Teknologi pendidikan tujuan
utamanya yaitu untuk memecahkan masalah belajar. Untuk mencapai tujuan tersebut
kita harus mengetahui dan mempelajari karakteristik dari si belajar itu
sendiri. Sedangkan kalau ilmu psikologi adalah ilmu yang mempelajari tentang
jiwa dan mempelajari tingkah laku lahiriah dengan menggunakan pengamatan
objektif terhadap rangsangan dalam hubungannya pada alam sekitar atau lingkungan.
Jadi hubungan Psikologi dan Teknologi Pendidikan
adalah Jika membuat sistem yang ditujukan untuk pemecahan masalah belajar maka
dibutuhkan untuk mengetahui latar belakang sasaran yang akan dituju agar tepat
dan menghasilkan sistem yang optimal.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar