Meski paedagogi secara definisi
nyaris tidak pernah berubah,kajian atasnya terasa terus kontekstual sesuai
dengan perjalanan sejarah peradaban pendidikan. Ketika memasuki abad ke-21,
banyak orang tertarik untuk mendiskusikan paedagogi bahkan diberi nama Paedagogi Abad ke-21 yang dikenal juga
sebagaipaedagogi progresif (progressive paedagogy). Kemajuan ilmu
pengetahuan dan teknologi, termausk TIK memang telah melairkan perubahan besar
dalam pola pembelajaran. Belakangan pun telah lahir paradigma baru
pembelajaran berbasik teknologi informasi dan komunikasi.
Paedagogi yang abstrak harus mampu
menjelmakan sesuatu menjadi sesuatu yang kongkret. Paedagogi tidak sekedar
harus dipahami, melainkan juga bagaimana cara mengaplikasikannya.
Pemikiran inilah yng kemudian melahirkan apa yang disebut sebagai paedagogi
praktis.Menurut Carpenter (2001), ada 2 fungi penelitian paedagogi.
1) untuk menghasilkan pengetahuan baru tentang
pengajaran dan pembelajaran. temuannya pada dasarnya bersifat nonlinear.
2) untuk memungkinkan guru atau pendidik memahami,
menjelaskan , membela, membenarkan, dan bila perlu memodifikasi paedagogi.
Tujuan pertama melahirkannya
paedagog teoritis dan tujuan yang kedua untuk melahirkan paedagogi praktis
Tidak ada komentar:
Posting Komentar