Senin, 04 Maret 2013

mengajar,ahli pedagogi dan paradigma belajar


 Hari ini bu lita memberikan tugas untuk berifikir dalam waktu 5 menit untuk menuliskan gagasan pedidikan yang teman-teman ingin  terapkan :)
 Masuk ke pembahasannya yuk, adakah yang tahu apakah mengajar itu ? mungkin selama ini kita telah banyak mendengar definisi mengajar itu sendiri. Disinisi saya akan memberi tahu teman-teman tentang apasih mengajar itu?dan apa perbedaan mengajar dan pengajaran itu.
            Mengajar berasal dari kata “ajar”. Kata “ajar” bermakna member petunjuk atau menyampaikan informasi,pengetahuan,dab sejenisnya kepada subjek tertentu,diketahui atau dipahami. Mengajar bermakna tindakan seseorang atau tim dalam member petunjuk atau menyampaikan informasi,pengalaman,pengetahuan dan sejenisnya didik tertentu agar mereka mengetahui dan memeahaminya sesuai dengan tujuan yang dikehendaki. Pengalaman adalah semua proses tindakan yang terjadi dalam kerangka kegiatan mengajar. Baiklah,sudah pahamkan perbedaan keduanya ? :)
            Merujuk pada deskripsi singkat di atas,selanjutnya ditemukan beberapa istilah yang relevan dalam kaitannya dengan masalah interaksi guru dengan siswanya dikelas,seperti mengajar,belajar,pengajaran dan pembelajaran. Istilah mengajar merujuk pada tugas utama seorang guru didalam kelas (teacher centered), meski tanpa menafikan tugas siswa baik diluar atau didalam kelas. Istilah pengajaran bermakna interaksi guru dengan siswa, namun peran guru lebih dominan. Pembelajaran juga mengandung makna interakksi guru dengan siswa, namun keduanya memiliki peran penting, bahkan condong mengarah pada “ berpusat pada siswa” (student centered). Setelah melihat istilah dan definisinya, ternyata istilah “belajar” tidak sama dengan “pembelajaran” bukan. ?
            Mungkin teman-teman sekalian pada ingin tahu ya bagaimana sih karakteristik seorang guru yang memiliki kemampuan mengajar yang unggul ? Nah,dibawah saya akan mengungkap beberapa karakteristik seorang guru yang sangat baik dipandang sebagai salah satu energi yang memberikan jontribusi positif yang luar biasa terhadap terciptanya suasana belajar siswa dan yang membangkitkan minat mereka para siswa.
Keahlian pokok :
·        Memiliki pengetahuan tentang materi pelajaran secara menyeluruh dan menunjukkan antusiasme yang menular untuk itu
·        Menguasai materi lebih jauh dari sekedar yang tertuang dalam buku teks standar
·        Meneliti dan mengembangkan pikiran-pikiran penting dan asli mengenai materi pembelajaran khusus
Ahli pedagogis :
·        Menetapkan tujuan-tujuan pembelajaran yang sesuai dan mampu mengkomunikasikannya dengan jelas
·        Menunjukkan sikap positif dab kepercayaan terhadap siswa, serta secara kontinyu bekerja untuk mengatasi kendala yang mungkin menghambat kemajuan belajar
Komunikator yang unggul :
·        Menunjukkan kemampuan berkomunikasi lisan dan tulisan yang efektif
·        Menunjukkan kemampuan berorganisasi dan keterampilan perencanaan yang baik
·        Menggunakan bahasa sebagai jembatan budaya
Mentor yang berpusat pada siswa :
·        Menjadikan dan membuat kegiatan belajar siswa sebagai prioritas tertinggi
·        Menyediakan waktu secara ikhlas untuk mempengaruhi motivasi belajar siswa
Asesor yang sistematis dan berkelanjutan :
·        Mengembangkan dan mengunakan hasil penilaian untuk terus meningkatkan pengalaman belajar siswa sesuai dengan tujuan program
·        Mendukung upaya pengujian untuk mengetahui keberhasilan kegiatan pembelajaran
Nah setelah membaca karakteristik diatas,ternyata tidak hanya harus memiliki karakteristik itu saja lho..teman-teman juga harus tahu ternyata seorang guru juga wajib didasari pada yang namanya “paradigma belajar” yang berbeda mengenai cara siswa belajar. Dan strategi tumbuh dari paradigm yang berbeda juga :)
            Guru akan menjadi lebih efektif juga bila dia secara sadar memilih untuk menggunakan strategi mengajar, memperluas perbendaharaan strategi, dan ahli dalam menggunakan strategi itu. Ada 5 strategi mengajar yaitu ;
1.      Pelatihan dan pelatihan lanjut
2.      Ceramah dan menjelaskan
3.      Mencari dan menemukan
4.      Kelompok dan tim
5.      Pengalaman dan refleksi
Oke,segitu aja pembahasan tentang topik “mengajar,ahli pedagogi dan paradigma belajar” nya ya teman-teman :) sekarang teman-teman dapat menilai apakah selama teman-teman berada di sekolah atau kampus, guru atau dosen kalian sudah menerapkan strategi belajar tersebut dan apakah guru atau dosen kalian sudah tergolong dalam karakteristik guru yang baik dengan  kemampuan mengajar yang unggul ? check it and thankyou :)
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar