Hari
ini bu lita memberikan tugas untuk berifikir dalam waktu 5 menit untuk
menuliskan gagasan pedidikan yang teman-teman ingin terapkan :)
Masuk ke pembahasannya yuk, adakah
yang tahu apakah mengajar itu ? mungkin selama ini kita telah banyak mendengar
definisi mengajar itu sendiri. Disinisi saya akan memberi tahu teman-teman
tentang apasih mengajar itu?dan apa perbedaan mengajar dan pengajaran itu.
Mengajar berasal dari kata “ajar”. Kata “ajar” bermakna
member petunjuk atau menyampaikan informasi,pengetahuan,dab sejenisnya kepada
subjek tertentu,diketahui atau dipahami. Mengajar bermakna tindakan seseorang
atau tim dalam member petunjuk atau menyampaikan informasi,pengalaman,pengetahuan
dan sejenisnya didik tertentu agar mereka mengetahui dan memeahaminya sesuai
dengan tujuan yang dikehendaki. Pengalaman adalah semua proses tindakan yang
terjadi dalam kerangka kegiatan mengajar. Baiklah,sudah pahamkan perbedaan keduanya
? :)
Merujuk pada deskripsi singkat di atas,selanjutnya
ditemukan beberapa istilah yang relevan dalam kaitannya dengan masalah
interaksi guru dengan siswanya dikelas,seperti mengajar,belajar,pengajaran dan
pembelajaran. Istilah mengajar merujuk pada tugas utama seorang guru didalam
kelas (teacher centered), meski tanpa menafikan tugas siswa baik diluar atau
didalam kelas. Istilah pengajaran bermakna interaksi guru dengan siswa, namun
peran guru lebih dominan. Pembelajaran juga mengandung makna interakksi guru
dengan siswa, namun keduanya memiliki peran penting, bahkan condong mengarah
pada “ berpusat pada siswa” (student centered). Setelah melihat istilah dan
definisinya, ternyata istilah “belajar” tidak sama dengan “pembelajaran” bukan.
?
Mungkin teman-teman sekalian pada ingin tahu ya bagaimana
sih karakteristik seorang guru yang memiliki kemampuan mengajar yang unggul ?
Nah,dibawah saya akan mengungkap beberapa karakteristik seorang guru yang
sangat baik dipandang sebagai salah satu energi yang memberikan jontribusi
positif yang luar biasa terhadap terciptanya suasana belajar siswa dan yang
membangkitkan minat mereka para siswa.
Keahlian pokok :
·
Memiliki pengetahuan tentang materi
pelajaran secara menyeluruh dan menunjukkan antusiasme yang menular untuk itu
·
Menguasai materi lebih jauh dari sekedar
yang tertuang dalam buku teks standar
·
Meneliti dan mengembangkan
pikiran-pikiran penting dan asli mengenai materi pembelajaran khusus
Ahli pedagogis :
·
Menetapkan tujuan-tujuan pembelajaran
yang sesuai dan mampu mengkomunikasikannya dengan jelas
·
Menunjukkan sikap positif dab
kepercayaan terhadap siswa, serta secara kontinyu bekerja untuk mengatasi
kendala yang mungkin menghambat kemajuan belajar
Komunikator yang unggul
:
·
Menunjukkan kemampuan berkomunikasi
lisan dan tulisan yang efektif
·
Menunjukkan kemampuan berorganisasi dan
keterampilan perencanaan yang baik
·
Menggunakan bahasa sebagai jembatan
budaya
Mentor yang berpusat
pada siswa :
·
Menjadikan dan membuat kegiatan belajar
siswa sebagai prioritas tertinggi
·
Menyediakan waktu secara ikhlas untuk
mempengaruhi motivasi belajar siswa
Asesor yang sistematis
dan berkelanjutan :
·
Mengembangkan dan mengunakan hasil
penilaian untuk terus meningkatkan pengalaman belajar siswa sesuai dengan
tujuan program
·
Mendukung upaya pengujian untuk
mengetahui keberhasilan kegiatan pembelajaran
Nah
setelah membaca karakteristik diatas,ternyata tidak hanya harus memiliki
karakteristik itu saja lho..teman-teman juga harus tahu ternyata seorang guru
juga wajib didasari pada yang namanya “paradigma belajar” yang berbeda mengenai
cara siswa belajar. Dan strategi tumbuh dari paradigm yang berbeda juga :)
Guru akan menjadi lebih efektif juga bila dia secara
sadar memilih untuk menggunakan strategi mengajar, memperluas perbendaharaan
strategi, dan ahli dalam menggunakan strategi itu. Ada 5 strategi mengajar
yaitu ;
1.
Pelatihan dan pelatihan lanjut
2.
Ceramah dan menjelaskan
3.
Mencari dan menemukan
4.
Kelompok dan tim
5.
Pengalaman dan refleksi
Oke,segitu
aja pembahasan tentang topik “mengajar,ahli pedagogi dan paradigma belajar” nya
ya teman-teman :) sekarang teman-teman dapat menilai
apakah selama teman-teman berada di sekolah atau kampus, guru atau dosen kalian
sudah menerapkan strategi belajar tersebut dan apakah guru atau dosen kalian
sudah tergolong dalam karakteristik guru yang baik dengan kemampuan mengajar yang unggul ? check it and
thankyou :)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar