Selasa, 19 Maret 2013

guru frustasi dan guru yang baik


1.      Sifat Guru Frustasi
Di banyak Negara profesi guru sangat dihormati. Namun demikian, dari sisi pandang guru sendiri, penyandang profesi ini juga tidak luput dari belengu permasalahan, karena mereka menghadapi aneka tantangan. Berdasarkan hasil survey yang dilakukan oleh Harris Interactive (2006), ada beberapa permasalahan yang dihadapi oleh guru yakni ;
1)      Guru yang memandang tidak cukup waktu merencanakan pembelajaran sebanyak 65%
2)      2 dari 3 guru menyatakan bahwa gaji tidak sesuai dengan beban pekerjaan sebanyak 64%
3)      Guru yang memandang bahwa membantu siswa secara individual sebagai salah satu tantangan yang berat sebanyak 60 %
4)      Guru yang mempersepsikan bahwa restise professional masih jauh dari harapan sebanyak 37 %
5)      Guru yang memandang bahwa pelaksanaan pembelajaran dikelas merupakan tantangan berat sebanyak 34 %
Ini berarti bahwa masih banyak guru yang belum secara sunguh-sungguh menjalankan tugas-tugas profesionalnya dalam suasana yang menyenangkan. Dan hal ini juga dapat mengundang frustasi di kalangan siswa. Sebagaimana termuat dalam situs http:/www.gladlywoulditeach.com
Beberapa ini adalah ciri-ciri guru yang menyebabkan  siswanya frustasi akibat kinerja buruk guru ketika melaksanakan proses pembelajaran :
a)      Pandangan negatif terhadap kegiatan mengajar atau pekerjaan mereka
b)      Sibuk bekerja dan kurangnya varietas dalam kegiatan kelas
c)      Kecongkakan
d)     Kurangnya pengetahuan
e)      Tidak mengenal banyak tentang siswanya dan hanya sebagian kecil guru yang melakukan usaha untuk mempelajari dan mengenali nama-nama siswanya
f)       Keengganan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan siswa
g)      Apati

2.      Guru yang baik
Semua guru haruslah baik di mata siswanya. Marrie F . Hassett mengemukakan bahwa ketika berbicara tentang kualitas mengajar seorang guru, fokusnya berkaitan dengan masalah-masalah teknik, konten, dan presentasi.
Banyak orang, termasuk siswa mengakui bahwa mengajar yang biak sering kali tidak terlalu terkait dengan sikap terhadap siswa, materi yang diajarkan dan pekerjaan itu sendiri. Bagaimana karakteristik yang menunjukkan guru yang baik itu ? Guru dapat dikatakan sosok guru yang baik :
·         Memiliki kesadaran akan tujuan
·         Memiliki harapan akan keberhasilan bagi semua siswa
·         Mentoleransi ambiguitas
·         Menunjukkan kemauan beradaptasi dan berubah untuk memenuhi kebutuhan siswa
·         Merasa tidak nyaman jika kurang mengetahui
·         Belajar dari berbagai model
·         Menikmati pekerjaan dan siswa mereka
Hal ini tidak dimaksudkan untuk menjadikan semua ciri- ciri itu harus dipenuhi seluruhnya. Karena, banyak guru yang oleh siswanya dinilai sangat baik ternyata hanya memiliki beberapa sifat yang dominan. Karakteristik yang disebutkan diatas hanya sebagai pilihan alat yang memungkinkan guru-guru menciptakan dan mempertahankan konektivitas di kelas mereka.
3.      Top 10 Kualitas Guru yang Baik
Semua guru harus menjadi guru yang baik namun kita juga tahu guru yang dikategorikan menjadi guru baik atau buruk itu seperti apa,ketika melihatnya tampil dikelas dan diluar kelas.
Dari situs http://www.ripplesofimprovement.com terungkap Top 10 kualitas guru yang baik, yang bukan tidak mungkin sangat sedikit yang memilikinya.
a)      Confidence atau keyakinan diri sendiri
b)      Patience atau kesabaran
c)      True compassion for their students
d)      Understanding atau pemahaman
e)   The ability to look at life  in a different way and to explain a topic in a different way atau kemampuan melihat kehidupan dengan cara yang berbeda dan menjelaskan topic dengan cara yang berbeda
f)       Dedication to excellence atau dedikasi untuk keunggulan
g)      Unwavering support atau teguh dalam memberikan dukungan
h)  Willingness to help student achieve atau kesediaan untuk membantu siswa  mencapai prestasi
i)       Pride in student’s accomplishments atau bangga atas prestasi siswa
j)     Passion for life atau bergairah untuk hidup

Tidak ada komentar:

Posting Komentar