1.
Sifat
Guru Frustasi
Di
banyak Negara profesi guru sangat dihormati. Namun demikian, dari sisi pandang
guru sendiri, penyandang profesi ini juga tidak luput dari belengu
permasalahan, karena mereka menghadapi aneka tantangan. Berdasarkan hasil
survey yang dilakukan oleh Harris
Interactive (2006), ada beberapa permasalahan yang dihadapi oleh guru yakni
;
1) Guru
yang memandang tidak cukup waktu merencanakan pembelajaran sebanyak 65%
2) 2
dari 3 guru menyatakan bahwa gaji tidak sesuai dengan beban pekerjaan sebanyak
64%
3) Guru
yang memandang bahwa membantu siswa secara individual sebagai salah satu
tantangan yang berat sebanyak 60 %
4) Guru
yang mempersepsikan bahwa restise professional masih jauh dari harapan sebanyak
37 %
5) Guru
yang memandang bahwa pelaksanaan pembelajaran dikelas merupakan tantangan berat
sebanyak 34 %
Ini
berarti bahwa masih banyak guru yang belum secara sunguh-sungguh menjalankan
tugas-tugas profesionalnya dalam suasana yang menyenangkan. Dan hal ini juga
dapat mengundang frustasi di kalangan siswa. Sebagaimana termuat dalam situs http:/www.gladlywoulditeach.com
Beberapa
ini adalah ciri-ciri guru yang menyebabkan
siswanya frustasi akibat kinerja buruk guru ketika melaksanakan proses
pembelajaran :
a) Pandangan
negatif terhadap kegiatan mengajar atau pekerjaan mereka
b) Sibuk
bekerja dan kurangnya varietas dalam kegiatan kelas
c) Kecongkakan
d) Kurangnya
pengetahuan
e) Tidak
mengenal banyak tentang siswanya dan hanya sebagian kecil guru yang melakukan
usaha untuk mempelajari dan mengenali nama-nama siswanya
f) Keengganan
untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan siswa
g) Apati
2.
Guru
yang baik
Semua
guru haruslah baik di mata siswanya. Marrie
F . Hassett mengemukakan bahwa ketika berbicara tentang kualitas mengajar
seorang guru, fokusnya berkaitan dengan masalah-masalah teknik, konten, dan
presentasi.
Banyak
orang, termasuk siswa mengakui bahwa mengajar yang biak sering kali tidak
terlalu terkait dengan sikap terhadap siswa, materi yang diajarkan dan
pekerjaan itu sendiri. Bagaimana karakteristik yang menunjukkan guru yang baik
itu ? Guru dapat dikatakan sosok guru yang baik :
·
Memiliki kesadaran akan tujuan
·
Memiliki harapan akan keberhasilan bagi
semua siswa
·
Mentoleransi ambiguitas
·
Menunjukkan kemauan beradaptasi dan
berubah untuk memenuhi kebutuhan siswa
·
Merasa tidak nyaman jika kurang
mengetahui
·
Belajar dari berbagai model
·
Menikmati pekerjaan dan siswa mereka
Hal
ini tidak dimaksudkan untuk menjadikan semua ciri- ciri itu harus dipenuhi
seluruhnya. Karena, banyak guru yang oleh siswanya dinilai sangat baik ternyata
hanya memiliki beberapa sifat yang dominan. Karakteristik yang disebutkan
diatas hanya sebagai pilihan alat yang memungkinkan guru-guru menciptakan dan
mempertahankan konektivitas di kelas mereka.
3.
Top
10 Kualitas Guru yang Baik
Semua
guru harus menjadi guru yang baik namun kita juga tahu guru yang dikategorikan menjadi
guru baik atau buruk itu seperti apa,ketika melihatnya tampil dikelas dan
diluar kelas.
Dari
situs http://www.ripplesofimprovement.com
terungkap Top 10 kualitas guru yang baik, yang bukan tidak mungkin sangat sedikit yang memilikinya.
a) Confidence
atau keyakinan diri sendiri
b) Patience
atau kesabaran
c) True compassion
for their students
d) Understanding
atau pemahaman
e) The ability to look at life in a different way and to explain a topic in
a different way atau kemampuan melihat kehidupan dengan
cara yang berbeda dan menjelaskan topic dengan cara yang berbeda
f) Dedication to excellence
atau dedikasi untuk keunggulan
g) Unwavering support
atau teguh dalam memberikan dukungan
h) Willingness to help student achieve
atau kesediaan untuk membantu siswa
mencapai prestasi
i) Pride
in student’s accomplishments atau bangga atas
prestasi siswa
j) Passion for life
atau bergairah untuk hidup
Tidak ada komentar:
Posting Komentar