Mengapa kelas perlu dikelola secara
efektif ? Manajemen kelas yang efektif akan memaksimalkan kesempatan
pembelajaran murid (Charles,2002; Everstson, Emmer, & Worsham, 2003)
Tujuan dan Strategi Manajemen
Manajemen kelas yang efektif punya
dua tujuan : membantu murid menghabiskan lebih banyak waktu untuk belajar dan
mengurangi waktu aktivitas yang tidak dioreintasikan pada tujuan, dan mencegah
murid mengalamii problem akademik dan emosional
Mendesain Lingkungan Fisik Kelas
Ketika memikirkan tentang manajemen
kelas yang efektif, guru yang tidak berpengalaman terkadang mengabaikan
lingkungan fisik. seperti yang akan anda lihat, desain lingkungan fisik kelas
adalah lebih dari sekedar penataan barang di kelas
Prinsip Penataan Kelas
berikut ini 4 prinsip dasar yang
dapat anda pakai untuk menata kelas anda (Evertson, Emmer, & Worsham, 2003)
- kurangi kepadatan di tempat lalu-lalang
- pastikan bahwa anda dapat dengan mudah melihat semua murid
- materi pengajaran dan perlengkapan murid harus mudah diakses
- pastikan murid dapat dengan mudah melihat semua presentasi kelas
Gaya Penataan
Dalam memikirkan bagaimana cara anda
mengroganisasikan ruang fisik kelas, anda harus bertanya kepada diri sendiri
tipe aktivitas pengajaran apa yang akan diterima murid (seluruh kelas, kelompok
kecil, tugas individual, dan lain-lain) . pertimbangkan penataan
fisik yang paling mendukung aktivitas itu (Crane, 2001; Fickes, 2001). Penataan
kelas standar, menunjukkan sejumlah gaya penataan kelas: auditorium,
tatap-muka, off-set, seminar dan klaster (Renne, 1997)
Tiga C dalam Manajemen Kelas dan
Sekolah. David dan
Roger Johnson (1999) menciptakan program manajemen kelas untuk mengatasi
problem yang menyebabkan gangguan dan melemahkan proses pembelajaran. Program
mereka menekankan arti penting dari pemberian bimbingan pada murid untuk
mempelajari cara mengatur prilaku mereka sendiri. Program itu adalah Program
tiga C :
- Cooperative community
- Constructive conflict resolution
- Civic values
Tidak ada komentar:
Posting Komentar