Senin, 28 Februari 2011

Ragam Model Pembelajaran

    Ragam model pembelajaran yaitu metode atau cara yang dilakukan oleh guru atau siswa dalam proses belajar-mengajar.dan disini sedikit saya akan membahas dan memberikan contoh ragam model pembelajaran yaitu ada metode ceramah,diskusi,demonstrasi,ceramah plus,metode restasi,metode percobaan.
oke sekarang saya akan bahas sedikit tentan definisi definisi model yang saya sebutkan diatas tersebut
1.metode ceramah(preaching method)
=guru menyampaikan informasi dan pengetahuan secara lisan kepada sejumlah siswanya.dan pada umumnya metode ceramah seperti ini aka membuat siswa yang mengikutinya belajar secara pasif,tetapi metode pembelajaran ini dapat dikatakan ekonomis dalam menyampaikan informasi dan efektif mengatasi kelangkaan literatur atau rujukan yang sesuai dengan jangkauan daya beli dan paham siswa
2.metode diskusi(discussion method)
=nah metode diskusi seperti ini sering juga kita lakukan dalam kelas,biasanya belajar dengan model diskusi ini untuk sedikit mempermudah siswa nya dalam mengerjakan tugasnya.dan metode mengajar ini yang sangat erat hubungannya dengan memecahkan persoalan atau masalah bersama ini seperti yang saya contohkan tadi seperti diskusi kelompok antar siswanya
3.metode demonstrasi(demonstration method)
=ini memang seikit jarang ditemukan disetiap pertemuan tetapi ini juga metode metode guru saat mengajar pada siswanya,dan saya sendiri pernah mengalaminya disaat saya berada di bangku sd dan smp dahulu.seperti guru akan menerangkan dengan cara memperagakan barang,kejadian,aturan dan urutan melakukan suatu kegiatan yang berkenan dengan bahan pembelajaran
4.ceramah plus
=ini juga sering dilakukan pada sebagian guru tapi hanya terkadang guru guru tertentu lah yang menggunakan model seperti ini karena metode menggajar yang menggunakan lebih dari satu metode,yakni metode ceramah gabung dengan metode lainnya,jadi menurut saya biasa yang memakai model seperti ini adala guru yang memberikan informasi lebih banyak teorinya dibanding yang lain pelajaran agama atau yg mencakup ilmu pelajaran sosial mungkin
5.metode restasi(recitation method)
=suatu model pembelajaran yang dimana siswa nya harus membuat resume terlebih dahulu dengan kalimatnya sendiri.nah model metode pembelajaran seperti ini juga sekaran yang sedang saya alami dan saya fikir saya lebih banyak menemukan metode seperti ini saat saya sudah duduk di perguruan tinggi yang memang semua orang juga tahu dan menyadari model pembelajarannya sangat jauh berbeda dibandingkan dengan ketika masih duduk dibangku SMA.dan tetapi dengan metode ini ssaya juga menjadi terbiasa dan saya rasa ini bagus digunakan sebagai model metode pembelajaran karena membuat mahasiwa nya untuk memahami atau membaca terlebih dahulu topik yag akan dibahas saat pertemuan dikelas.walaupun terkadang sebagian murid merasa terbebani akan hal ini
6.metode percobaan(expremental method)
=metode pembeajaraan yang lebih ke pemberian kesempatan kepada anak didiknya secara perorangan atau kelompok untuk dilatih melakukan suatu proses percobaan.
dan itulah sedikit contoh ragam model pembelajaran yang saya jabarkan bu..
    Menurut saya dalam belajar kita juga memang membutuhkan prinsip-prisip dan pelbagai metode seperti yang dijabarkan diatas tersebut.Prinsip pembelajaran juga perlunya membutuhkan minat dan perhatian siswa dengan mengemukakan sesuatu yang baru,aneh dan berbeda setiap saatnya karena sebenernya terkadang pembelajaran yang dilakukan secara monoton dengan gaya yang selalu sama juga memuat murid merasa jenuh dan akhirnya jadi males menyerap pelajaran tersebut dan saya juga bagian dari murid yang seperti ini,jd saya memang lebih menyukai model belajar yang aktif dan tidak monton dan terlalu serius.contoh nya yang mungkin dapat saya berikan.Kegiatan yang diawali dengan tanya-jawab untu
k mengetahui sejauh mana kemampuan siswa nya sebelum memulai pembelajaran dan dari sini juga sang guru nya mengetahui siswa mana yang sudah melaksanakan kewajiban membaca nya dirumah dan setelah itu dilanjutkan dengan menyampaikan tujuan pembelajaran.mengingatkan konsep/prinsip yang telah dipelajari(stimulating recall of priorlearning) itu dapat merangsang timbulnya ingatan tentang pengetahuan/keterampilan yang telah dipelajari yang menjadi prasyarat untuk mempelajari materi tersebut.
yang ingin saya tanyakan sedikit kepada ibu,yang saya ketahui bu kan dalam pembelajaran ini beragam model modelnya.dan seperti saya juga termasuk orang yang menyukai sistem pembelajaran yang ibu gunakan untuk menyampaikan informasi kepada kami saat pertemuan dikelas. nah dan dosen dosen lain juga sebagian telah menggunakan metode pembelajaran tersebut,seperti misal nya menggunakan metode restasi yang menugaskan kami membaca atau membuat resume dan dengan kami mengpost seperti ini juga kami telah menjalankan metode restasi ini kan bu...dan saya sangat senang sekarang dengan metode restasi ini.tapi kita ketahui juga setia guruakan berbeda beda model pembelajarannya,jadi apakah menurut ibu seorang guru yang belum dapat menggunakan model metode pembelajaran tersebut akan bisa efektif dalam memberikan informasi kepada siswanya?dan bagaimana cara mengatasi hal ini bu?dan manakah menurut ibu model pembelajaran yang sangat baik dan efektif yang sering digunakan oleh guru guru agar siswanya dapat menerima pelajaran itu dengan baik?dan apakah model metode pembelajaran yang kita gunakan diperkuliahan sekarang ini sudah sangat baik dan efetif buk?baiklah tu saja penjelasan,dengan sedikit pembahasan dan pertanyaan dari saya,terimakasih :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar